Spelling Competition Meningkatkan Kecerdasan Bahasa

Spelling atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan mengeja adalah sebuah kegiatan menyebutkan huruf-huruf yang ada dalam sebuah kata sehingga bisa merangkai kata yang dimaksud.

Belum banyak pihak yang mengembangkan kegiatan Spelling Competition ini yang memang mengutamakan kegiatan mengeja huruf. Kegiatan spelling ini cocok dilaksanakan untuk usai sekolah dasar, namun tidak ada salahnya jika diterpakan pada Pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu cara pengenalan huruf, kata, da bahasa serta dilaksanakan di Kegiatan Pembelajaran Keaksaraan untuk melatih kemampuan menganalisis dan menguatkan ingatan untuk warga belajar orang dewasa.

Kegiatan mengeja ini dimulai dengan menggunakan kata-kata sederhana atau kata-kata yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Kemuadian dilanjutkan dengan level yang lebih sulit, seperti mengeja kata-kata serapan, mengeja bahasa latin, mengeja bahasa ilmiah dan sebagainya yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Selain mengenalkan huruf dan kata-kata, kegiatan mengeja juga sangat penting untuk membangun kemampuan dalam menyusun dan merangkai kata dengan benar khususnya pada kata-kata ilmiah dan bahasa latin. Tentunya bahasa-bahasa ilmiah dan bahasa latin akan sering di temui dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi penting untuk diketahui dan dimengerti oleh masyarakat.

Kegiatan mengeja ini tidak semerta-merta hanya berupa kegiatan manyebutkan kata M-A-K-A-N menjadi MAKAN, melainkan juga bisa mneybutkan makna dari kata makan itu sendiri. Sehingga peserta didik tidak hanya cerdas dalam memasang-masangkan dan merangkai huruf tetapi juga bisa paham betul esensi dari kata-kata yang ada.

2 Komentar (+add yours?)

  1. djiesaka
    Jun 18, 2010 @ 08:39:13

    salam kenal..
    mampir : http://djiesaka.wordpress.com/

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: