Kecerdasan Interpersonal

kerjasama

Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan memahami dan membedakan suasana hati, kehendak, motivasi dan perasaan orang lain. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ekspresi wajah, suara, maupun gerak isyarat tertentu. Individu yang memiliki kemampuan tinggi pada kecerdasan ini dapat memahami orang lain, sering menjadi pemimpin diantara teman-temannya, mengorganisasi dan berkomunikasi dengan tepat.

Kemampuan yang terkait dengan kecerdasan interpersonal adalah:

  • Kepekaan terhadap emosi, perasaan dan kehendak orang lain
  • Kemampuan bekerjasama dengan orang lain.
  • Kemampuan mengorganisir orang lain.

Kecerdasan interpersonal dapat distimulasi dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang lain, terutama yang dilakukan dengan bekerjasama. Beberapa permainan/kegiatan yang dapat diberikan antara lain:

1. Perkenalan dengan Orang Lain

Untuk anak-anak yang masih dibawah umur satu tahun, stimulasi ini dapat dilakukan dengan banyak membawa anak ikut serta pada berbagai kegiatan yang melibatkan orang banyak, misalnya pada kegiatan posyandu, kegiatan arisan, mengantar kakak ke sekolah dan lain sebagainya. Dengan terbiasa melihat orang banyak, anak akan tahu bahwa di luar dirinya dan keluarganya ada orang-orang lain lagi yang bisa bersama-sama dengan dirinya.

2. Bermain Gotong Royong

Untuk anak-anak yang sudah bisa bermain dengan keterampilan motoriknya, baik kasar maupun halus, maka berbagai permainan yang melibatkan kerjasama dengan orang lain dapat diperkenalkan. Misalnya:

a. Bermain memindahkan air; anak diberi seember air besar penuh, kemudian pada jarak 2 meter diberi ember yang sama besarnya tetapi kosong. Kemudian anak diberi gayung kecil dan ditugaskan untuk memindah air dari ember yang penuh ke ember yang kosong. Apabila anak terlihat kewalahan karena melakukannya sendiri, pendidik atau orang tua dapat meminta teman atau saudaranya untuk membantu. Setelah selesai, anak-anak ditanya, apa yang terjadi apabila ia harus melakukannya sendiri? Apa keuntungan kalau pekerjaan dikerjakan bersama-sama dengan orang lain? Dari kegiatan ini anak akan mengenal nilai kerjasama yakni pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat selesai.

b. Bermain membangun istana pasir. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak-anak untuk bekerjasama, ada yang ditugasi untuk mengumpulkan pasir dengan sekop, ada pula yang ditugasi mengambil air, dan setelah itu anak-anak dapat membangun istana pasir bersama-sama dengan bimbingan orang tua dan pendidik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: