Kecerdasan Visual-Spasial

Kecerdasan ini merupakan kemampuan memahami bangun tiga dimensi (ruang secara tepat). Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang dan hubungan antar unsur-unsur tersebut. Kecerdasan ini meliputi kemampuan membeyangkan, dan menyampaikan ide dalam bentuk gambar dua mapun tiga dimensi.

Kemampuan yang terkait dengan kecerdasan visual-spasial adalah:

  • Mengenal bentuk, misalnya bentuk-bentuk geometri (bola, lingkaran, balok, wajik, segitiga, kubus, dll)
  • Mengenal warna
  • Membuat bentuk atau rancang bangun

Beberapa macam permainan yang dapat diterapkan guna mengembangkan kecerdasan visual-spasial adalh seperti berikut:

1. Bermain Warna

Orangtua atau pendidik dapat mengenalkan berbagai macam warna pada anak melalui krayon dan cat air. Permainan dengan cat air dapat dilakukan dengan mengenal warna-warna tertentu dan mencampur berbagai warna untuk mendapatkan warna baru. Permainan ini bermanfaat untuk melatih kepekaan anak pada berbagai warna, kemampuan selanjutnya akan mengembangkan jiwa seni anak.

2. Bermain Balok Kayu

Permainan balok kayu bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan anak untuk membuat rancang bangun tertentu. Dalam permainan ini anak dilatih membut berbagai bentuk bangun dari balok-balok kayu, seperti membuat rumah, menara, istana, jembatan, dll.

3. Bermain Bongkar Pasang

Permainan ini terbuat dari benda-benda kecil yang sama yang dapat dihubungkan satu dengan yang lain. Permainan bongkar pasang dapat merangsang kemampuan anak untuk membuat bentuk benda atau bengunan tertentu (misalnya mobil-mobilan, pistol-pistolan, dll). Permainan ini ditujukan untuk dapat merangsang kreatifitas anak.

4. Bermain Pasir

Bermain pasir memang membuat anak nampak kotor. Namun anak sangat senang dan menikmati jenis permainan ini. Pemainan ini dapat mengembangkan kemampuan anak merancang bangun dan mengembangkan kreatifitas anak. Orang tua dan pendidik perlu mengijinkan dan mengajak anak untuk bermain pasir yang ada di lingkungan dengan tetap melakukan pengawasan dan pengarahan tentang segala macam aktifitas anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: